Trust Fund

Diagram Alir Trust Fund

Setidaknya ada tiga pihak dalam sebuah skema pendanaan amanah atau trust fund, yaitu trustor atau pendana, trustee atau pengelola dan beneficiary atau penerima manfaat. Saat ini, skema pendanaan amanah untuk konservasi yang dapat kami tawarkan, terdiri dari:

Dana Abadi | Grant | Endowment Fund

Adalah dana yang dihibahkan atau disumbangkan dalam besaran tertentu. 
Dana dikelola sebagai dana abadi, ditempatkan pada instrumen investasi yang memiliki rasio risiko dan keuntungan yang baik dan terjamin.
Hanya hasil pertambahan atas nilainya yang akan dimanfaatkan untuk disalurkan kepada penerima manfaat.

Dana Bagi Hasil |  Interest Fund

Pendana berkomitmen membagi (sebagian atau seluruhnya) hasil pertambahan atas nilai yang dihasilkan dari dana investasi milik pendana. Investasi tersebut dapat berupa tabungan, deposito, reksadana, surat berharga maupun dana kelolaan di fund management. Komitmen dilakukan berjangka waktu.

Dompet Konservasi | Sponsorship | Direct Fund

Adalah dana yang dihibahkan atau disumbangkan untuk mendanai suatu program konservasi. Misalnya program Wali Pohon yang dilakukan di TB. Masigit Kareumbi. Dana dikelola dengan prinsip keberlanjutan yang sesuai dengan akad program yang didanai tersebut. Dana cadangan yang belum digunakan akan ditempatkan pada akun dana abadi terikat.

Investasi Sosial  | Social Revolving Fund

Pendana menitipkan dana untuk menjalankan sebuah proyek investasi sosial. Dana dikembalikan dalam jumlah dan dalam rentang waktu yang disepakati untuk kemudian dapat digulirkan kepada pihak atau proyek yang lain. Pengembalian bisa lebih kecil atau sama dengan dana pokok, tapi tidak lebih besar. 

Setiap skema pendanaan dapat terdiri dari model terikat (pada lokasi kegiatan dan tujuan pendanaan) atau model tidak terikat. Untuk model tidak terikat, pihak WJCTF yang akan menentukan alokasi dan distribusi dana menurut prinsip efisiensi dan efektifitas.

Ulurkan tanganmu!

Apabila Anda adalah Pendana yang ingin bekerja sama dengan WJCTF, jangan ragu untuk menghubungi kami. Alam Jawa Barat membutuhkan uluran tangan Anda.

Penerima Manfaat

Penerima manfaat dari imbal hasil yang diperoleh adalah unit-unit pelaksana teknis konservasi yang memenuhi persyaratan sebagai mitra WJCTF dan telah mengajukan proposal pendanaan yang disetujui. Mitra terdiri dari mitra tetap dan mitra tidak tetap. Saat ini kami belum memiliki mitra tidak tetap. Adapun mitra tetap adalah pihak yang mempercayakan dana program yang mereka dapatkan untuk dikelola oleh WJCTF,  saat ini adalah:

Manajemen Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi
Divisi Lingkungan Yayasan Wanadri: Pengelola Program Rehabilitasi Mangrove Pesisir Subang Utara
Conservation Run 2021

Apakah Anda mengelola kegiatan konservasi di Jawa Barat?

Apabila Anda bekerja pada area kerja diatas, WJCTF mungkin bisa membantu untuk mewujudkan proyek konservasi yang Anda inginkan. Kunjungi halaman ini kembali di masa yang akan datang, atau pantau media sosial WJCTF untuk pembaruan berikutnya.